Kreativitas Kampanye di Twitter


(Marketing)Beberapa tulisan sebelumnya, suka dibahas kalau kampanye brand lokal di Twitter polanya selalu begitu-begitu saja. Dari membuat kuis tweet berhadiah dengan menempelkan hashtag di akhir tweet, hingga kontes banyak-banyakan RT (aduh yang ini, malas banget), apalagi kalau sampai mengganggu. Meski sebenarnya ada pula yang menarik seperti yang dilakukan @soyjoyID. Suatu prestasi tersendiri bagi @soyjoyID bisa membangun hype di Twitter selama hampir 3 bulan, dengan cara yang variatif dan tidak membosankan.

Kemarin-kemarin sudah banyak dibahas kasus lokal. Ada beberapa kasus brand luar yang sukses memanfaatkan Twitter untuk membangun hype-nya. Umumnya, seperti yang dilakukan @soyjoyID, keberhasilan kampanye ini karena terintegrasi pula dengan aktivitas offline-nya. Atau kalau misalnya murni online, aktivitas kampanyenya tidak terpaku hanya di timeline Twitter. API terbuka yang dimiliki Twitter dikembangkan menjadi sesuatu yang baru dan unik.

Beberapa contoh kasus luar berikut ini mudah-mudahan bisa memicu kreativitas untuk berkampanye di Twitter dengan lebih elegan.


Mad Men Yourself

Ini memang tidak berhubungan langsung dengan Twitter, namun buzz-nya sempat menyebar heboh di Twitter. Situs Mad Men Yourself ini merupakan promosi serial Mad Men yang menampilkan karakter-karakter dengan desain tahun 60-an. Aplikasi seperti ini sebenarnya sudah banyak sekali dibuat, namun kini di era Twitter dan Facebook, ada twist baru yang dimunculkan. Kita bisa membuat karakter ini untuk lalu kita jadikan avatar di Twitter dan Facebook. Saat peluncurannya dulu, pengguna Twitter di luar sana begitu kecanduannya, sehingga mereka mengganti avatarnya dengan hasil desain yang dikeluarkan dari aplikasi ini.

Beberapa minggu lalu seorang pengguna Twitter, @deon sukarela membuatkan banyak avatar dengan desain segaya, dan hebohnya menyebar dengan cepat. Tanpa terasa, virus avatar bergaya serupa menyebar. Saat itu banyak teman Twitter lainnya yang membuat hal serupa, dan ikut membantu @deon mendesainkan untuk teman-teman lainnya. Dalam seminggu lebih, buzz avatar ini masih terjaga, meski bisa jadi @deon sebenarnya tidak berekspektasi sejauh ini.


I Spy Levi’s

Kampanye Levi’s ini berlangsung di Australia dan Selandia Baru. Levi’s mengutus orang-orang terpilihnya untuk mengenakan jins Levi’s dan menyebarnya di beragam penjuru kota. Petunjuk untuk mencari orang-orang ini bisa ditemukan melalui akun Twitter Levi’s. Para peserta diminta untuk mencari orang-orang ini dan menanyakan ke mereka apakah mereka menggunakan Levi’s. Kalau dugaan si peserta benar, maka orang tersebut akan mencopot langsung celana Levi’s yang dikenakannya dan memberikannya ke si peserta.


Uniqlo UTweet

Uniqlo, sebuah brand fesyen, selalu punya ide-ide kreatif unik dalam kampanyenya. Yang terakhir kali, Uniqlo membuat aplikasi UTweet. Di situs ini, kita diminta memasukkan ID Twitter kita, atau memasukkan kata tertentu. Situs ini lalu akan menampilkan video flash yang secara dinamis mengambil percakapan terakhir kita di Twitter (dengan efek visual yang menarik). Di pertengahan hingga akhir video, promo brand Uniqlo ditampilkan dalam gaya visual yang tetap inline.


Twitter Cup

Kalau yang ini dari SonyEricsson dalam semangat Piala Dunia. Situs ini menampilkan seberapa banyak suatu negara disebutkan dalam percakapan di Twitter. Semakin sering disebutkan, maka sudut-sudut stadion bola yang diwakili negara tersebut akan semakin penuh oleh supporter. Negara yang jarang disebutkan di Twitter akan sedikit pula mendapat dukungan supporter.

Masih banyak sih contoh lainnya


dikutip dari>> http://media-ide.bajingloncat.com/2010/05/12/kreativitas-kampanye-di-twitter/

0 comments:

Posting Komentar