Saat Kampanye Brand di Twitter Mulai Terasa Mengganggu


(Marketing)Belakangan ini semakin banyak brand yang memanfaatkan pengguna Twitter untuk menyebarkan word of mouth, baik itu mereka yang terikat secara profesional maupun yang sukarela melakukannya. Beberapa brand melakukannya dengan cara yang elegan, seperti mengajak audiensnya untuk berkomunikasi. Namun, ada pula yang sepertinya tidak paham fungsi Twitter itu sebenarnya apa. Si brand hanya mementingkan namanya sendiri tanpa memikirkan kepedulian terhadap audiensnya.

Beberapa brand memang melakukannya dengan sangat keren. @blitzmegaplex salah satunya. Akun twitter miliknya dipakai sebagai media penggali masukan dan kritikan. Si pemilik akunnya melakukannya dengan manusiawi. Setiap pertanyaan yang muncul selalu mendapat tanggapan. @blitzmegaplex bahkan sempat memberikan tips di salah satu tweet-nya kemarin, agar penonton film Iron Man 2 untuk menunggu hingga kredit film selesai, karena ada kejutan di belakangnya. Hari ini @blitzmegaplex mengikuti antusiasme pengguna Foursquare untuk ikut mengundang follower-nya datang menonton Iron Man 2 bersama-sama hari Senin, demi mendapatkan Super Swarm Badge.

Brand yang paling sangat tidak keren dalam melakukan kampanyenya di Twitter adalah @kapanlagi. Pemilik akun ini sangat egois. Twitter hanya menjadi medium promosi cuplikan berita dari portalnya. Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah, karena sebagai pemilik akun, ia bebas men-tweet hal apapun. Yang menjadi masalah dan pusat keegoisan adalah saat ia kini menyelenggarakan kontes RT berhadiah iPad.

Melalui kontes ini, @kapanlagi mengajak follower-nya untuk meng-RT sebanyak-banyaknya tweetnya. @kapanlagi tidak peduli kalau aksinya ini akan merugikan reputasi para pengguna Twitter lainnya. Demi kontes ini, para follower @kapanlagi semakin sering melakukan RT. Para follower @kapanlagi sendiri tanpa sadar merusak reputasi yang dibangunnya sejak lama. Bukan nggak mungkin gara-gara kontes ini, para peserta kontes akan kehilangan follower-nya karena terganggu dengan RT yang mereka lakukan. Melalui kontes ini @kapanlagi hanya mengejar traffic kunjungan ke situsnya tanpa memperhatikan fungsi Twitter sesungguhnya, yakni untuk percakapan, seperti terbaca di aturan main kontes ini di bagian terakhir: “KapanLagi.com™ tidak melakukan komunikasi mengenai program ini melalui Twitter karena akan memenuhi Timeline kami.” Hmm, terasa salah nggak membaca aturan main ini?

Hal serupa juga sempat dilakukan oleh @hanyaoreo, meski tidak separah @kapanlagi. Seperti @blitzmegaplex, @hanyaoreo juga melakukan komunikasi dengan audiensnya, dan memang itu sesuatu yang menarik dan keren. Namun dahulu @hanyaoreo sempat membuat kontes unik-unikan menulis tweet dengan kata Oreo di dalamnya. Setiap peserta diminta berkreasi dengan menambahkan @hanyaoreo di BELAKANG tweet. Ini tak berbeda dengan kampanye hashtag. Pengguna Twitter “terpaksa” melihat aksi kontes yang dilakukan oleh pengguna yang mereka follow.

Akan lebih baik jika kontes seperti ini dilakukan dengan langsung me-reply @hanyaoreo (menempatkan @hanyaoreo di kata paling DEPAN), sehingga yang bisa melihat tweet ini hanyalah mereka yang juga mem-follow akun @hanyaoreo). Cara seperti ini dulu dilakukan @rumahdara saat promosi filmnya, sehingga bagi yang tidak tertarik tidak terbebani membaca tweet temannya yang tidak relevan.

Nah, menurut kalian, cara-cara kontes seperti apa yang baik dilakukan oleh brand, tapi tidak mengganggu kenyamanan follower yang sudah kalian raih dengan susah payah?

dikutip dari>> http://media-ide.bajingloncat.com/2010/05/02/saat-kampanye-brand-di-twitter-mulai-terasa-mengganggu/

0 comments:

Posting Komentar